Ratusan Polisi Amankan Nonton Bareng Gerhana Matahari



YOGYA - Ratusan personel kepolisian Polresta Yogyakarta diterjunkan dalam pengamanan nonton bareng gerhana matahari total yang rencananya terpusat di Tugu Pal Putih Yogyakarta, Rabu (9/3/2016) pagi.
Pengamanan akan dilakukan dengan sistem terbuka dan sistem tertutup.
"Untuk pengamanan terbuka ada sekitar 150an personel, dari Satuan Sabhara dan Satuan Lalu Lintas yang sekaligus melakukan pengaturan arus lalu lintas," terang Kombes Pol Pri Hartono EL, Kapolresta Yogyakarta, Selasa (8/3).
Pengaman yang dilakukan pihak kepolisian itu untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan. Selain itu pengamanan juga diharapkan gelaran acara yang tidak terjadi setiap tahun tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Yogyakarta Kompol Sugiyanta mengatakan, untuk pengalihan arus lalu lintas akan diterapkan mulai dari ring dua Tugu Pal Putih. Beberapa ruas jalan akan ditutup saat pengalihan arus tersebut.
Untuk akses jalan menuju Tugu dari arah utara, Kasat menerangkan, pengalihan arus akan dilakukan mulai perempatan Jetis. Lalu untuk dari arah barat pengalihan akan dilakukan mulai dari perempatan Pingit.
"Dari arah timur yang akan menuju Tugu akan dialihkan mulai dari perempatan Gramedia kita putarkan ke utara. Lalu dari Jembatan Gondolayu yang dialihkan ke selatan menuju kawasan Kotabaru," tambah Kasat.
Ia menerangkan, pengalihan arus lalu lintas akan dimulai dari pukul 05.30 hingga pukul 09.00 WIB.
Hal itu dilakukan karena adanya persiapan yang dilakukan oleh penyelenggara nonton bareng. Kasat menghimbau kepada masyarakat agar mengambil jalur alternatif.

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar