Polisi Keliling Ajak Tertib Lalin



KULONPROGO - Para pelajar Man 2 Wates ikut terlibat dalam kampanye tertib lalu lintas bersama jajaran Polres Kulonprogo di simpang lima Karangnongko Kota Wates, Selasa (8/3/2016) pagi.
Melalui aksi berjajar dan membentangkan spanduk di hadapan pengendara yang berhenti di traffic light, mereka mengajak pengendara tidak melanggar ketentuan tertib lalu lintas.
Keterlibatan para pelajar ini dipandang cukup efektif. Hanya dengan bentangan spanduk berisi tulisan imbauan tertib berlalu lintas, para pengendara spontan membenarkan posisi helm dan sabuk pengaman mereka.
Selain mengajak pengendara baik roda dua maupun bermobil, para siswa yang didampingi puluhan anggota polisi juga menyampaikan agar tidak mengantuk ketika berkendara.
Selain itu, sebelum berkendara juga harus dipastikan kondisi tubuh sehat dan prima.
"Kami senang bisa terlibat langsung bersama polisi. Kalau di sekolah tugas kami menyeberangkan sesama teman sekolah, di sini kami memberikan imbauan agar tertib lalu lintas ke pengendara umum," kata siswi Man 2 Wates, Siti Rahmawati.
Aksi para pelajar tersebut memang didampingi para polwan dan jajaran Polres Kulonprogo. Bagi pengendara yang sudah tertib dalam berlalu lintas, saat itu juga anggota Polwan mendekatinya untuk memberikan hadiah berupa helm baru.
Namun bagi pengendara yang kedapatan belum tertib, polwan akan mendekatinya untuk memberikan peringatan langsung.
Pelajar lainnya, Nur Isunanto, mengatakan keterlibatannya itu menjadi pengalaman menarik. Pasalnya, dia dan rekan-rekannya dapat menyaksikan langsung bagaimana polisi bertugas di lapangan.
"Kami juga belajar sekaligus mengajak tertib lalu lintas," katanya.
Kabagops Polres Kulonprogo, Kompol Dwi Prasetio, menyampaikan kegiatan itu merupakan bagian dari operasi simpatik 2016 yang digalakkan secara nasional.
Menurutnya, sekolah yang memiliki patroli keamanan sekolah akan dilibatkan secara bergiliran untuk mengajak masyarakat membiasakan tertib berlalu lintas.
"Intinya kami menjaring sasaran pengendara umum dan juga instansi terkait untuk tertib lalu lintas. Target kami adalah mengajak, mencegah, dan penindakan hanya 20 persennya," ujar Kabagops.
Selain ajakan tertib lalu lintas yang melibatkan pelajar serta pemberian hadiah helm bagi pengendara tertib, rombongan polisi juga melakukan gowes bersama.
Start dari Mapolres Kulonprogo, rombongan polisi bersepeda itu menuju Alun-alun Wates.
Para polisi ini juga menyempatkan mampir di beberapa instansi untuk menyampaikan ajakan tertib berlalu lintas serta bagi stiker.
Selesai bersosialiasi di seputar alun-alun, mereka kembali bersepeda menuju simpang lima Karangnongko yang merupakan pusat kawasan tertib lalu lintas sasaran operasi simpatik 2016.

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar