Saking Panasnya Suhu Udara, Aspal di India Meleleh


JakartaCNN Indonesia -- Beberapa bagian di India tengah mengalami hari-hari terpanas dengan suhu mencapai 50 derajat Celcius. Saking panasnya, aspal di Gujarat meleleh, membuat warga kesulitan melintasinya.

Dalam video yang diunggah media India NDTV yang dikutip The Independent, Selasa (24/5), aspal di kota Valsad, negara bagian Gujarat, meleleh saat suhu 36C. Warga dalam rekaman itu terlihat sulit menyeberang jalan karena alas kaki mereka lengket di aspal yang menjadi lembek.

Sandal-sandal jepit terbengkalai di jalan karena menempel dengan aspal dan sulit dicabut. Seorang wanita terjatuh lantaran kakinya berat terangkat dari aspal.

Video ini menunjukkan parahnya suhu di India tahun ini. Jumat lalu, temperatur di barat India bahkan melampaui 50C. Rekor terpanas tercatat di kota Phalodi, negara bagian Rajashtan, yaitu hingga 51C, mengalahkan suhu paling panas sebelumnya di tahun 1956 di kota Alwar.

Badan meteorologi India memperingatkan gelombang panas sangat berbahaya karena menyebabkan dehidrasi dan sengatan panas atau heatstroke. 

Ratusan orang telah meninggal dunia di India saat suhu panas. Tahun ini, sudah sedikitnya 400 petani bunuh diri karena tanaman mereka kering dan gagal panen. 

Sungai, danau dan bendungan mengering di banyak bagian Rajashtan, Maharashtra dan Gujarat.

Mei dan Juni memang merupakan bulan terpanas dalam setahun di India dengan suhu melebihi 40C. Namun tahun ini, panas semakin menjadi dengan musim penghujan yang belum juga terlihat tanda-tandanya.

"Biasanya ada badai tahun ini, tapi hujan tidak juga turun. Angin panas yang bertiup dari Afghanistan dan Pakistan menyebabkan suhu ekstrem," kata BP Yadav, kepala Badan Meteorologi India. 

(den)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar