Nostalgia dengan Windows 95 Melalui Browser


JakartaCNN Indonesia -- Andrea Faulds, pengembang berusia 19 tahun, berhasil membuat sistem operasi Windows 95 yang berfungsi sepenuhnya dalam sebuah browser tanpa menggunakan aplikasi pendukung atau plugin.

Menariknya, sistem operasi yang sudah lebih dari 20 tahun tersebut bisa berjalan dengan mulus hanya dengan mengandalkan kode JavaScript yang diproses oleh browser.

Untuk mengembangkannya, pemuda asal Skotlandia ini menggunakan Emscripten, sebuah emulator Low Level Virtual Machine (LLVM) yang mampu memproses kode C dan C++ menjadi JavaScript pada runtime. Dengan begitu, Anda dapat menikmati Windows 95 tanpa haurs melakukan instalasi terlebih dahulu.
Hanya saja, butuh banyak layer untuk merampungkan Windows 95 berbasis web. Hal inilah yang membuatnya kompleks saat dikembangkan.

Sayangnya, Andrea tidak dapat membuat Internet Explorer bekerja dengan sempurna pada emulator buatannya. Pasalnya, sering terjadi crash pada saat menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini terbilang wajar mengingat emulator tidak bisa sesempurna dengan aslinya.

Hampir setiap bahasa pemrograman portabel berbasis C atau C++ dapat diproses ke dalam bentuk JavaScript menggunakan Emscripten. Mulai dari game berat yang membutuhkan kinerja tinggi untuk memuat grafik, suara, dan lain-lain, hingga aplikasi ringan berjenis framework.

Saat ini, Emscripten sudah banyak digunakan untuk mengonversi bahasa pemrograman menjadi aplikasi berbasis JavaScript, termasuk proyek-proyek aplikasi berskala besar seperti CPython, Poppler dan Bullet Physics Engine, serta proyek-proyek komersial seperti Unreal Engine 4 dan Unity Engine.

(adt/adt)

Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar