Ajaib! Ternyata Benda Kecil Menggantung Ini Besar Manfaatnya



Jika kita perhatikan di bagian belakang tenggorokan manusia ada benda menggantung seperti buah anggur berwarna merah muda.
Pertanyaannya apakah itu? Amandel? bukan, benda itu disebut dalam istilah medis dengan nama uvula yang ternyata punya peran penting di sistem organ manusia.
Dikutip tribunjogja.com dari sciencealert.com, untuk mengungkap apa fungsi uvula, ilmuwan bahkan telah menghabiskan waktu berabad-abad untuk menentukan fungsinya.
Awalnya ada berbagai teori yang disebutkan ilmuwan dari masa ke masa diantaranya uvula membantu aliran makanan dan air, menginduksi refleks ketika muntah, ada pula memberikan tanda-tanda batuk kronis dan lain-lan.
Bahkan tak sedikit pula pada masa pencarian fungsi menyebut uvula sebagai aksesori untuk berbicara hingga akhirnya fungsi dari uvula itu terungkap dan menguntungkan manusia.
Dari beberapa ulasan SciShow menjelaskan, uvula adalah bagian manusia yang begitu unik.
Benda yang berdaging kecil yang menggantung di langit-langit lunak mulut kamu satu diantara fungsinya yaitu untuk menghentikan makanan naik hidung anda ketika kamu menelan.
Meski bentuknya kecil dia mampu memblokir jalan ke hidung kamu jika ada makanan kecil masuk ke bagian hidung, dia bisa juga membantu menyalurkan ke kerongkongan.
Pada proses itu, uvula bersama langit-langit lunak di mulut menghasilkan air liur agar saluran tetap licin.
Bagian dalam uvula ternyata penuh kelenjar yang dapat mengatur intesitas sedikit dan banyaknya cairan ludah yang bakal diproduksi.
Air liur pada kelenjar kelenjar itu terhubung ke serat-serat otot yang berjalan melalui uvula dan otot-otot berkontraksi saat kamu berbicara atau menelan sesuatu.
Bentuknya pun memungkinkan untuk mengayunkan ke belakang dan ke depan kemudian membantu menyebarkan air liur tambahan menyebar ke seluruh tenggorokan agar kamu mudah mengobrol atau makan. 
Sedangkan Amandel yang berada di samping uvula punya fungsi berbeda, dia adalah bagian dari sistem limfatik tubuh yang berfungsi melindungi tubuh dari kuman berbahaya.
Tempat organ amandel strategis, tepat di belakang mulut dan hidung, serta membentuk stasiun pertama pertahanan terhadap semua polutan sebelum tertelan dan terhirup dikutip darilamandel.com.
Bagian jaringan terletak di kedua sisi tenggorokan disebut amandel palatine. Amandel berfungsi untuk menjebak bakteri dan antigen yang memungkinkan tubuh untuk memproduksi antibodi.
Menurut artikel tentang “Imunitas Kesehatan: Fungsi Amandel dan kelenjar limfatik Sub-epitel berfungsi memberikan kekebalan lokal. Amandel menangkap virus, bakteri dan kontaminan menular lainnya.



Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar