Meriah, Puncak Lomba Taman Herbal Bejo di Yogyakarta


Seruu.com - Puncak Lomba Taman Herbal Bejo di Yogyakarta yang dihelat pada Minggu (22/11/2015) berlangsung meriah. Acara yang diselenggarakan PT Bintang Toedjoe selaku produsen Bejo Masuk Angin bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Propinsi DIY itu dipusatkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Acara diawali dengan mengheningkan cipta dan mendoakan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pakualam IX yang berpulang pada Sabtu (21/11/2015). Setelah itu acara dilanjutkan dengan ‘Jalan Herbal Bejo’, diikuti perwakilan ibu PKK dari tiap desa/kelurahan peserta Lomba Taman Herbal Bejo.

Acara Jalan Herbal Bejo ini sungguh menarik perhatian. Pasalnya, para pesertamengenakan kostum yang unik. Mulai pakaian tradisional hingga kostum yang terbuat dari bahan bekas bungkus Bintang Toedjoe Masuk Angin.
Berbagai lomba juga digelar, di antaranya Lomba Meracik Minuman Olahan Bejo Bintang Toedjoe, Lomba Mewarnai Taman Herbal Bejo dan Lomba Yel-yel Bejo Masuk Angin.

Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonatan dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya ingin mengajak semua lapisan masyarakat untuk mencintai tanaman herbal asli Indonesia.
"Karena tanaman herbal bisa menjadi obat pertolongan pertama saat terserang penyakit. Dimulai dari level rumah tangga lewat Lomba Taman Herbal Bejo atau lomba-lomba di puncak acara ini,” kata Simon.

Sebagai bentuk apresiasi PT Bintang Toedjoe, 12 finalis Lomba Taman Herbal Bejo diberi kesempatan untuk memamerkan hasil olahan mereka di puncak acara tersebut.
Menariknya, beragam kesenian tradisional seperti tari-tarianan, teater, musik dan gamelan juga turut ditampilkan. Ada pula sosialisasi cagar budaya, fashion carnival Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hingga foto model. Berbagai kuliner khas Yogyakarta, seperti angkringan juga disajikan.
Untuk diketahi, Lomba Taman Herbal Bejo PT Bintang Toedjoe diikuti 216 TP PKK Desa/Kelurahan Se-propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah melalui proses penjurian, lomba yang dimulai pada Agustus 2015 ini menetapkan 12 finalis.

Dari 12 finalis panitia penetapkan 6 besar pemenang. Ketika diseleksi lagi keluar sebagai Juara Pertama TP PKK Desa Hargobinangun (Pakem Sleman), Juara 2 Desa
Nogotirto (Gamping Sleman), Juara 3 Desa Ngesti Harjo (Kasihan Bantul), Harapan 1 Kelurahan Keparakan (Mergangsan Yogyakarta), Harapan 2 Desa Bangunharjo (Semon Bantul) dan Juara Harapan 3 Desa Sendangtirto (Berbah Sleman).

Tak hanya memperoleh piala dan sertifikat, pemenang pun akan mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp 15 juta untuk juara pertama, Rp 12,5 juta juara kedua, Rp 10 juta juara ketiga, Rp 7,5 juta juara 4, Rp 5 juta juara 5 dan Rp 2,5 juta untuk juara terakhir.
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas selaku Ketua Tim Penggerak PKK DIY, menyambut baik upaya yang dilakukan Bintang Toedjoe. Pihaknya berharap, acara semacam itu tidak hanya  digelar kali ini saja.

“Acara semacam ini tidak hanya berdampak positif bagi diri seseorang dan lingkungan, namun dapat berdampak positif bagi banyak hal. Saya berharap Bintang Toedjoe tidak sekedar kali ini saja menyelenggarakannya,” tandas istri Sri Sultan Hamengku Buwono X ini. (irm)



Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar