'Pakai VoLTE Lebih Jernih dari WhatsApp dan Line'


JakartaCNN Indonesia -- Layanan panggilan suara berbasis data di jaringan 4G atau Voice over LTE (VoLTE) yang dibesut Smartfren Telecom, diklaim masih lebih bagus dibanding fitur sejenis milik aplikasi seperti WhatsApp, Line, dan Skype.

VoLTE sejatinya menghantarkan layanannya menggunakan IP Multmedia Subsystem (IMD) yang punya dedicated bearer atau jalur khusus. Sehingga tak "campur aduk" dengan data pada umumnya.

Berbeda dengan layanan over the top (OTT) seperti WhatsApp, Line, hingga Skype yang sama-sama menawarkan fitur panggilan suara namun tidak melewati IMS dan melewati jalur internet yang biasa dipakai aplikasi lain.

"VoLTE kami tentu saja lebih bagus dibanding panggilan dari OTT lain seperti Line atau WhatsApp," kata Munir Syahda Prabowo selaku Head of Network Special Project Smartfren di sela acara peluncuran bundling Smartfren dengan handset Samsung J1 2016 di Kuningan, Jakarta Selatan.
Chief Brand Officer Smatrfren Roberto Saputra dan Division Head Device Planning and Management Smartfren Sukaca Purwokardjono. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)

Pun begitu, ditambahkan oleh Chief Brand Office Roberto Saputra bahwa VoLTE tidak untuk menyaingi kehadiran panggilan melalui WhatsApp, Line, dan Skype.

"Kami berbeda, selain karena suara yang lebih jernih, kami juga tidak mengurangi kuota data karena biaya yang dikenakan sistemnya seperti telepon biasa. Kalau WhatsApp dan Line mengonsumsi kuota data kan," ucap Roberto.

Menurut Roberto, VoLTE ini menjadi salah satu upaya mendorong ekosistem 4G di tengah masyarakat dan perusahaan ingin memberikan pengalaman baru.

"Belum umum dan kami berharap bisa ciptakan experience yang berbeda, terlebih untuk momen spesial seperti Lebaran dan lain-lain," imbuhnya sambil tertawa kecil.

Demi memperluas fungsi VoLTE agar tidak hanya dinikmati oleh ponsel Andromax, Smartfren telah merilis aplikasi khusus VoLTE yang bisa diunduh di Google PlayStore dan baru saja meluncurkan kartu perdana VoLTE.

Menurut Division Head Device Planning and Management Smartfren Sukaca Purwokardjono, syarat utama agar bisa menikmati VoLTE adalah handset yang sudah mendukung 4G di band 5 (850 MHz) dan band 40 (2.300 MHz).

Salah satu perangkat yang dipilih Smartfren untuk di-bundling adalah Samsung J1 seri 2016.
Head of Product Marketing Samsung Mobile Denny Galant, Chief Brand Officer Smatrfren Roberto Saputra, Division Head Device Planning and Management Smartfren Sukaca Purwokardjono, dan Head of Network Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo meluncurkan program bundling Smatrfren sebagai penyedia operator dengan Samsung Galaxy J1 Seri 2016 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/5). (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Dijelaskan Munir, untuk mengaktifkannya tinggal memasang aplikasi VoLTE, lalu mengatur jaringan ponsel yang harus pada posisi jaringan Smartfren saja untuk registrasi pertama kali.

Yang jelas Munir memaparkan, VoLTE yang baru digagas Smartfren ini diharapkannya pada akhirnya bisa diadopsi oleh perusahaan telekomunikasi lain agar percakapan antar operator dapat lebih murah.

Diungkap Roberto, sejauh ini pengguna VoLTE sudah mencapai 50 ribuan aktif user dengan jumlah unduh aplikasi sekitar 10 ribu download, serta para pengguna bisa menikmati layanan ini dengan melakukan video conference untuk 6 orang sekaligus.

Berikut sejumlah kelebihan yang ditawarkan panggilan melalui VoLTE:

1. Pengguna akan merasakan suara yang jernih dan dekat
2. Mengurangi background noise
3. Menggunakan voice dan data yang dapat dilakukan bersamaan
4. Call setup yang cepat
(eno) 

Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar