Saat Hujan, Ratusan Warga di Mojokerto Buang Air di Sungai


Metrotvnews.com, Mojokerto: Lebih 300 kepala keluarga di Desa Bendung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tak memiliki sarana mandi cuci kakus yang memadai. Bahkan mereka tak memiliki kamar mandi di rumah masing-masing.

Saat Metrotvnews.com memantau, Selasa 23 November, suasananya tak berbeda dengan desa-desa lain. Anak-anak berada di sekolah sejak pagi. Warga mulai beraktivitas, ada yang bertani, ada yang jadi pekerja tambang.

Rumah-rumah di Desa Bendung sepi permanen. Dinding bagian bawah bangunan berupa batu bata. Di bagian atas berupa papan dilengkapi dengan atap genting. Tapi, tidak ada kamar mandi di dalam bangunan.

"Saat ini jumlah tersebut sudah jauh berkurang dari tahun lalu yang jumlahnya hampir 50 persen dari seluruh penduduk sini yang belum punya sanitasi yang memadai," kata Kepala Desa Bendung Durrokhim.

Durrakhim mengatakan, saat musim hujan, warga yang belum punya kamar mandi buang hajat di sungai. Bila kemarau, mereka buang hajat di kebun atau hutan jati.

Durrakhim berharap pemerintah daerah dapat membantu warga mendapatkan layanan sanitasi. Sebab buang air sembarangan menyebarkan virus dan kuman yang mengganggu kesehatan masyarakat. 


RRN


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar