Berbagai Pengetahuan Tentang Gunung Merapi Bisa Disaksikan di Museum Gunung Merapi


Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama
TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Gunung Merapi? Mungkin Museum Gunung Merapi(MGM) tampaknya bisa menjadi alternatif destinasi liburan.
Hal ini lantaran di museum ini, berbagai pengetahuan seputar Gunung Merapi bisa diakses.
Salah satu pemandu MGM, Dwi Handayani, mengatakan koleksi yang paling menarik perhatian pengunjung hingga saat ini adalah diorama Gunung Merapi.
Diorama tersebut dilengkapi dengan penjelasan secara narasi terkait bencana erupsi gunung api aktif itu di tahun 1969, 1994, dan 2006.
"Untuk narasi erupsi 2010 memang belum ada di diorama ini, namun hingga saat ini masih menjadi perhatian pengunjung. Karena selain lokasinya yang berada tepat setelah pintu masuk, pengunjung juga mendapatkan gambaran terkait bencana erupai yang terjadi berdasarkan tahun terjadinya," katanya, Kamis (26/11/2015).
Tidak hanya tentang Gunung Merapi, kata Dwi, pengungjung MGM juga diberikan wawasan tentang sebaran gunung api aktif yang ada di Indonesia dan dunia.
Di lantai dua, pengunjung dapat menambah wawasan seputar bencana geologi lainnya, mulai dari gempa bumi hingga tsunami.
"Setiap koleksi tidak diberi sekat, sehingga pengunjung lebih bebas untuk mengunjungi dan mengamati setiap koleksi yang ada," ujarnya.
MGM sendiri merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat. Selain itu, keberadaannya juga sebagai penyebarluasan informasi khususnya aspek kegunungapian dan kebencanaan geologi. (*)
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar