XL Tak Mau Ikut Blokir Netflix


JakartaCNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengaku tak mau ikut-ikutan memblokir layanan streaming video Netflix seperti yang dilakukan Grup Telkom. Hal serupa juga dilakukan perusahaan telekomunikasi lain yang hingga kini membebaskan Netflix.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini berkata, sampai sekarang belum ada rencana untuk memblokir Netflix. "Kenapa harus ikut-ikutan?" kata Dian usai meluncurkan XL Prioritas di Jakarta, Jumat kemarin.

Langkah Grup Telkom memblokir Netflix didasarkan karena layanan tersebut dinilai belum memenuhi aturan yang berlaku di Indonesia. Telkom berharap Netflix segera melakukan pembicaraan dengan pemerintah untuk memberi kepastian.

Menurut Dian, sebagai operator mereka tidak bisa menjaga semua konten. Walau operator punya peran menjaga konten yang sehat, tetapi Dian menilai semua dikembalikan kepada masyarakat untuk menyaring konten yang sehat.

Pada dasarnya XL akan memblokir Netflix jika ada arahan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku regulator telekomunikasi.

Hal senada juga dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi penyedia jaringan tetap seperti Link Net (First Media) dan Biznet Networks.

"Sejauh ini kami tidak blokir Netflix. Kami pada dasarnya mematuhi arahan dari Menkominfo. Kalau diminta blokir, ya, kami blokir," ungkap CEO Link Net (First Media), Richard Kartawijaya saat dihubungi CNNIndonesia.com.


Telkom menilai pemblokiran ini mengacu kepada UU Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman, khususnya pasal 57.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat ini sedang menyiapkan kebijakan Penyedia Sistem Elektronik (PSE) yang bisa menjangkau Netflix. Setiap PSE nantinya diwajibkan membangun badan usaha tetap (BUT).

Ia telah berbicara dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, selaku regulator perfilman, untuk membuat aturan yang bisa menjangkau Netflix dan layanan streaming video lain yang diprediksi bakal menjamur di tengah tren akses Internet cepat.

(tyo)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar