Pembacaan RAPBD 2016 DKI Batal Dibacakan Hari Ini


JakartaCNN Indonesia -- Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membacakan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2016 di rapat paripurna DPRD DKI yang harusnya dilaksanakan hari ini terpaksa urung dilakukan dan diundur. Belum siapnya lampiran rencana kerja anggaran (RKA) oleh Pemprov DKI menjadi alasan utama pembacaan R-APBD diundur.

Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik menjelaskan pembatalan tersebut diputuskan setelah perwakilan Pemprov DKI mendatangi ruangannya untuk membicarakan lampiran RKA.

"Tadi Pak Sekretaris Daerah (Saefullah) dan Kepala Bappeda (Tuti Kusmawati) datang ke ruangan saya dan mereka mengatakan tidak sanggup menyelesaikan hari ini," kata Taufik saat ditemui di gedung DPRD DKI, Selasa (15/12).

Taufik menjelaskan, selain mengungkapkan tidak mampu menyelesaikan RKA hari ini, dua perwakilan Pemprov DKI mendatangi Taufik untuk menyerahkan Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016 yang kemarin baru disepakati.

Dengan ketidakmampuan Pemprov DKI menyelesaikan RKA, rapat Badan Musyarawah DPRD DKI memutuskan rapat paripurna penyampaian R-APBD akan dilaksanakan pada Kamis (17/12).

Sebenarnya, sejak rapat Bamus terdahulu, Taufik sudah mempertanyakan kemampuan Eksekutif dalam melakukan penyusunan RKA. Namun saat itu jajaran eksekutif menyatakan bisa menyelesaikan dalam waktu cepat.

"Namun nyatanya tidak sanggup satu hari, mereka baru bisa Kamis lusa," katanya.

Meski penyampaian R-APBD 2016 batal dilakukan hari ini, rapat paripurna tetap dilaksanakan. Hanya saja, agendanya berubah jadi pembahasan rancangan Peraturan Daerah mengenai Kepemudaan.

Sebagai catatan, R-APBD 2016 seharusnya bisa dibacakan di paripurna setelah pembahasan Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016 selesai dilakukan kemarin sore.

Dengan selesainya pembahasan KUA-PPAS tersebut maka nota kesepahaman terkait R-APBD pun telah ditandatangani, baik oleh pihak legislatif maupun eksekutif.

Sebagai catatan, jumlah RKA yang harusnya hari ini dilampirkan ada di angka 14 rim atau sekitar 7000 lembar rincian.


(meg)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar