Inilah Migrasi Jutaan Kepiting Paling Spektakuler di Pulau Chirstmas



Migrasi jutaan kepiting merah di Pulau Christmas, sejak lama sudah menjadi atraksi pariwisata yang mengagumkan. Ini terjadi ketika memasuki musim basah, yang biasanya berlangsung pada bulan Oktober dan November.
Jutaan bahkan puluhan juta kepiting asli Pulau Christmas, Australia ini akan bermigrasi dari wilayah hutan menuju ke pesisir pantai seiring dengan masuknya musim kawin kawanan kepiting tersebut.

Adapun, kepiting merah sendiri merupakan satwa endemik Pulau Christmas.
Berdasarkan informasi yang dilansir website Christmas Island, pulau hutan hujan tropis ini setidaknya dihuni oleh lebih dari 50 juta kepiting merah.
Mereka bermigrasi dari hutan ke pesisir pantai dengan urutan kepiting jantan terlebih dahulu. Kemudian disusul oleh jutaan kepiting betina lainnya. Biasanya, fenomena alam ini akan berlangsung sekitar lima hingga tujuh hari.

Saat memasuki puncak migrasi, jalanan akan dipenuhi kepiting merah. Untuk menjaga kelestariannya, otoritas setempat biasanya memberlakukan kebijakan dengan menutup ruas jalan yang dilewati jutaan kepiting tersebut.
Migrasi ini akan kembali berulang setelah musim kawin selesai.

Kepiting-kepiting muda berusia sekitar satu bulan, akan mulai bermigrasi dari laut ke hutan, ke tempatnya semula.
Fenomena migrasi ini, menjadi daya tarik wisatawan lantaran termasuk femonena langka dan fenomenal.


Nah bagi anda yang tertarik menyaksikan fenomena unik ini, sekaranglah saat yang tepat. Lantaran sekarang sudah memasuki musim kawin atau bertelur.

Momen ini akan berlangsung mulai bulan Oktober hingga awal Januari, namun yang paling umum terjadi pada bulan November dan Desember. Rinciannya, yakni akan berlangsung pada tanggal 8 - 10 Oktober 2015, 7-9 Desember 2015 dan 6-8 Januari 2016.


Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar