Minuman Berlabel Bebas Gula Sehat untuk Gigi? Pikirkan Lagi!



Mengurangi asupan gula pada minuman ternyata tak mengurangi risiko kerusakan pada gigi. Jika ada konsumen beralih ke soft drinks berlabel bebas gula, tim dokter peringatkan untuk memperhatikan kandungan asamnya.
Tim dokter dari Universitas Melbourne peringatkan untuk berhati-hati mengkonsumi minuman berlabel bebas gula pada minuman ringan atau minuman berasa yang banyak dijual.
Selain asam, gula memang diketahui jadi satu diantara sekian faktor penyebab rusaknya gigi, bakteri penyebabnya lebih cepat berkembang biak disana, dikutip dari Dailymail.co.uk, Sabtu (28/11/2015).
Oleh sebab itu sebagian orang berusaha untuk mengurangi gula bahkan lepas dari gula dengan mengkonsumsi minuman berlabel "sugar-free"
Dokter Melbourne memperingatkan ternyata tidak cukup untuk menangkal kerusakan gigi dengan hanya mengurangi asupan gula tidak mengurangi risiko.
Dari hasil penelitian, ada campuran kimia asam di beberapa minuman berlabel bebas gula, itu sama berbahayanya seperti gula.
Efeknya lebih kurang sama, mempercepat kerusakan gigi menyebabkan kekuatan pada bakteri untuk berkembang biak untuk membentuk plak yang menempel pada permukaan gigi.
Peneliti menguji 23 minuman yang berbeda, termasuk produk soft drinks and sports drinks, tak disebutkan apa saja produk itu.
Profesor Eric Reynolds mengatakan banyak orang tidak menyadari saat mengurangi asupan gula tapi melupakan faktor yang lain.
"Campuran kimia asam di beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan erosi gigi,"katanya.
Kesimpulan dari penelitian itu adalah :
1. Mayoritas soft drinks and sports drinks menyebabkan pelunakan enamel gigi dari 30 persen hingga 50 persen.
2. Soft drinks yang mengandung gula dan berlabel bebas gula (termasuk air mineral rasa), keduanya tak ada perbedaaan yang signifikan.
3. Profesor Reynolds dan rekan-rekannya merekomendasikan ada peningkatan label untuk membantu memberikan pilihan kepada konsumen.
4. Selain itu, tim menemukan produk permen bebas gula yang diberi label "ramah untuk gigi" tapi ketika diuji tetap erosif.
5. Untuk mencegah erosi gigi, penting untuk memeriksa semua makanan dan minuman untuk yang punya kandungan aditif asam, asam sitrat dan terutama asam fosfat.
6. Minum lebih banyak air putih, sebaiknya fluoride, dan membatasi soft drinks and sports drinks.
7. Setelah makan atau minum produk asam, kumur dengan air dan menunggu satu jam sebelum menyikat menyikat gigi

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar