Belum Semua Perangkat Desa di Gunungkidul Punya Jaminan Kesehatan

GUNUNGKIDUL - Seluruh perangkat desa wajib mendapatkan jaminan kesehatan BPJS yang setara.
Namun hingga kini masih belum semua perangkat desa diGunungkidul mendapatkan jaminan kesehatan tersebut.
Merujuk data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Wonosari tahun 2016, hingga kini baru sebanyak 48 desa dari 144 desa di Gunungkidul perangkat desa yang mendaftarkan diri pada jaminan kesehatan tersebut.
Kepala BPJS Cabang Wonosari, Syarifatun Kurniaekawati, mengatakan, setidaknya sudah ada sekitar 1.000 peserta dari perangkat desa di Gunungkidul yang telah mendaftar.
 mendaftar dan membayarkan iurannya.
"Sekitar sepertiga dari perkiraan jumlah total perangkat desa yang sudah mendaftar. Hingga kini, sekitar 2 ribu lainnya belum mendaftar dan belum membayar iuran," ujar Syarifatun, Rabu (20/7/2016).
Ketentuan terkait wajibnya jaminan kesehatan untuk perangkat desa ini tertuang dalam Peraturan Bupati No.20/2016 pada Mei 2016 lalu. Seluruh perangkat desa diwajibkan untuk mengikuti kepesertaan dari BPJS.
Mengenai mekanisme yang digunakan untuk iuran adalah melalui sharing profit antara pemberi kerja dalam hal ini PemkabGunungkidul sebesar 3 persen yang bersumber dari APBD.
Sedangkan dua persen sisanya ditanggung perangkat melalui pemotongan upah per bulan.
"Rinciannya 2% dipotongkan dari penghasilan perangkat dan sisanya yang 3% dibiayai oleh APBD Kabupaten," ujar Syarifatun.
Terpisah, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan DesaSekretariat Daerah Gunungkidul Siswanto, mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap kepesertaan BPJSKesehatan bagi perangkat Desa.
Namun untuk pelaksanaanya, sangat tergantung dari niatan masing-masing desa.
"Pihak desa, khususnya bendahara harus aktif dalam pengurusan, terutama berkaitan dengan kewajiban pembayaran premi iuran sebesar 2%," ujar Siswanto.
Siswanto berharap, seluruh perangkat desa dapat memiliki jaminan kesehatan karena sudah dijamin dalam payung hukum. Selain itu, sebagian iuran juga diperbantukan oleh PemkabGunungkidul dengan anggaran daerah.

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar