Penyelidikan Jatuhnya Pesawat MH17 Mendekati Tahap Akhir


JakartaCNN Indonesia -- Para penyidik yang melakukan investigasi kriminal atas jatuhnya pesawat MH17 di timur Ukraina sekitar dua tahun lalu memaparkan bahwa kasus ini sudah berada di tahap yang mendekati akhir. Para penyidik optimistis dapat mempublikasikan kesimpulan mereka setelah musim panas mendatang.

Dalam pernyataan yang dirilis Jumat (3/6), dikutip dari Reuters, para penyidik menyatakan mereka telah mengajukan "beberapa permintaan" bantuan hukum dari negara-negara yang terlibat dalam kasus ini. 
Namun, penyidik masih menunggu informasi dari Rusia soal rudal Buk yang diyakini menembak jatuh pesawat maskapai Malaysia Airlines itu, menewaskan 298 orang di dalamnya pada 2014 silam.

Para penyidik mengungkapkan bahwa laporan akhir tersebut akan rinci soal senjata yang digunakan dan serta lokasi yang tepat senjata tersebut ditembakkan. Pesawat itu jatuh di wilayah yang dikuasai pemberontak pro-Moskow di timur Ukraina.

Sebanyak dua pertiga penumpang pesawat merupakan Belanda. Insiden ini memicu peningkatan sanksi dari Eropa dan Amerika Serikat terhadap Rusia, dan meningkatkan ketegangan antara Rusia dan Barat. 

Tim penyidik, yang berasal dari Belanda, Australia, Malaysia, Belgia dan Ukraina, menyatakan mereka akan mempublikasikan kesimpulan mereka di pengadilan pidana.

Pemerintah lima negara tersebut berjanji akan menggiring para pelaku ke pengadilan, jika perlu dengan membentuk pengadilan internasional.
Namun, Rusia menggunakan hak veto-nya di Dewan Keamanan PBB untuk memblokir gagasan membentuk pengadilan yang didukung PBB untuk mengadili perkara tersebut.(ama) 

Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar