Wisata Indonesia Kalah Telak Dibanding Malaysia


JakartaCNN Indonesia -- Perusahaan internasional penyedia data bisnis untuk industri asal London, Euromonitor International, mengeluarkan daftar 25 kota besar di dunia yang menjadi pusat destinasi wisata oleh masyarakat dunia.

Dilansir dari CNN, Euromonitor Internasional menempatkan Hong Kong sebagai kota dengan jumlah kunjungan turis asing paling tinggi di dunia, yaitu 27,77 juta orang setiap tahunnya. 

Pihak Euromonitor menggunakan data dari 57 negara di dunia dengan data statistik nasional di masing-masing negara dan data lalu lintas di bandara, hotel, serta jasa pariwisata lainnya. Euromonitor mengatakan bahwa beberapa faktor mempengaruhi alasan turis datang ke sebuah kota, beberapa di antaranya adalah suasana geopolitik dan kampanye penjualan destinasi wisata yang sukses.

Berikut 25 kota yang dianggap Euromonitor menjadi yang terbaik dalam menjaring turis internasional, dalam hitungan mundur:

Sepanjang 2014, Tokyo dikunjungi lebih dari 5,9 juta turis asing. (Thinkstock/SeanPavonePhoto)
25. Tokyo, Jepang

Euromonitor menempatkan Tokyo di urutan buncit dengan capaian turis 5,9 juta sepanjang 2014. 

24. Milan, Italia

Sebagai ibu kota mode Itali, dan salah satu kota paling modis di dunia, Milan sanggup menarik 6,05 juta turis asing dalam periode yang sama.

23. Mekah, Arab Saudi

Tanah suci bagi kaum muslim di seluruh dunia ini dikunjungi 6,12 juta turis asing pada 2014. Angka ini naik 6,2 persen di tahun sebelumnya.


Roma masih jadi kota favorit para turis asing di Eropa. (REUTERS/Tony Gentile)
22. Las Vegas, Amerika Serikat

Kota glamor penuh dengan kesenangan duniawi ini menarik 6,13 juta orang dari seluruh dunia untuk datang.

21. Praha, Republik Ceko

Kota tempat latar kisah Surat dari Praha yang dibintangi Tio Pakusadewo dan Widyawati ini memiliki capaian turis dunia hingga 6,35 juta orang.

20. Shanghai, China

Sebagai kota di pesisir muara, Shanghai menunjukkan pertumbuhan signifikan sebagai kota internasional. Shanghai berhasil mendatangkan 6,4 juta turis internasional.

19. Pattaya, Thailand

Meski mengalami penurunan wisatawan sebesar delapan persen, kota pantai Negeri Gajah Putih ini masih terkenal. Hal ini terbukti dari ramainya Pattaya dikunjungi 6,43 juta turis internasional.

18. Miami, Amerika Serikat

Pesisir Miami yang banyak gedung Art Deco ternyata menjadi daya tarik bagi 7,26 juta wisatawan internasional untuk berkunjung.

17. Phuket, Thailand

Bila Pattaya mengalami penurunan, tidak demikian dengan surga wisata pantai Thailand, Phuket. Buktinya, 8,1 juta turis internasional memilih Phuket tetap menjadi destinasi andalan.

16. Guangzhou, China

Kota metropolitan di dataran Tiongkok ini sanggup menarik 8,2 juta turis mancanegara untuk berkunjung selama 2014.

15. Taipei, Taiwan

Daya tarik ibukota Taiwan ini masih belum pudar, hal ini terlihat masih banyaknya turis mancanegara yang berkunjung sebanyak 8,6 juta wisatawan.


14. Roma, Italia


Banyak jalan menuju Roma, banyak pula wisatawan yang mampir ke sana. Sebanyak 8,78 juta wisatawan memadati rumah dari Colloseum ini.

13. Seoul, Korea Selatan


Wabah K-Pop bukan hanya menguntungkan industri hiburan Negeri Gingseng, tetapi juga dunia pariwisatanya. Sebanyak 9,39 juta wisatawan mancanegara penasaran menjajal daerah Gangnam hingga menikmati keindahan alam Korea Selatan seperti di ‘Winter Sonata’.

12. Dubai, Uni Arab Emirat

Dubai terus bertumbuh bagai oase di tengah padang pasir. Dengan kenaikan turis sebesar 8,9 persen dari 2013, Dubai sukses memboyong 11,39 juta turis wisatawan menikmati perkasanya kota modern di atas padang pasir tersebut.

11. Antalya, Turki

Meski bukan kota besar seperti Istanbul ataupun Ankara, Antalya justru terkenal sebagai kota resor di pesisir Mediterania. Dengan iklim hangat ditambah peninggalan budaya kuno, membuat 11,5 juta turis tertarik untuk berkunjung.

10. Kuala Lumpur, Malaysia

Negeri Jiran patut berbangga. Menara Kembar Petronas dan berbagai iklan pariwisata yang gencar dilakukan berhasil membawa 11,63 juta wisatawan datang berlibur, berbelanja, dan menikmati kuliner serta budaya yang tak jauh berbeda dengan Indonesia itu.

9. Istanbul, Turki

Sebagai kota dengan warisan budaya yang melegenda, Istanbul masih sanggup membawa 11,87 juta pengunjung selama 2014.

8. New York, Amerika Serikat

Kota pusat bisnis, mode, dan jasa di Amerika Serikat sukses mendatangkan 12,23 juta wisatawan selama 2014.

7. Shenzhen, China

China menunjukkan sukses membangun negaranya hanya dalam beberapa dekade. Shenzhen di pertengahan 1980 hanyalah sebuah kota kecil di selatan China, namun kini ia dikunjungi 13,1 juta wisatawan asing dan menjadi salah satu kota dengan ekonomi terkuat.

6. Macau, China

Macau masih menjadi favorit pelancong untuk berlibur. Dengan wisata kuliner, budaya, dan sejarahnya, kota jajahan Portugis ini bagai Las Vegas-nya Asia dengan 14,97 juta pengunjung asing datang berwisata.

5. Paris, Perancis

Keindahan dan romantisme Paris bagai magis yang menarik 14,98 juta pengunjung datang ke kota pusat mode dunia itu, walaupun mengalami penurunan 1,9 persen dibanding tahun sebelumnya.

4. Bangkok, Thailand

Thailand patut berbangga. Setelah Pattaya dan Phuket, Bangkok terpilih menjadi sasaran turis untuk berlibur. Tercatat sebanyak 16,25 juta turis asing datang ke Bangkok.

Singapura merupakan kota dengan kunjungan turis asing tertinggi di Asia Tenggara. (joinbrand/Pixabay)
3. Singapura, Singapura

Pulau kecil tetangga Batam ini masih menjadi pusat dunia pariwisata di kawasan Asia Tenggara. Sebanyak 17,09 juta turis asing menikmati dunia modern dan landmark patung Merlion.

2. London, Inggris

Ibukota Inggris ini ternyata mampu menjaring 17,38 juta turis asing untuk datang dan berlibur.

1. Hong Kong, China

Rumah bagi Disneyland dan berbagai industri hiburan di Asia, menjadikan Hong Kong dipilih 27,77 juta wisatawan asing sepanjang 2014. (les/les)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar