Ribuan Buruh Siap Berunjuk Rasa di Depan Istana


JakartaCNN Indonesia -- Ribuan buruh dari sejumlah perusahaan berkumpul di kawasan Monumen Nasional, bersiap untuk menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Kepresidenan di Jakarta pada Sabtu (6/2). 

"Mereka ingin menunjukkan solidaritasnya untuk kawan-kawan buruh yang terkena PHK di PT Toshiba Indonesia dan PT Panasonic Lighting Indonesia," kata Ahmad, petugas keamanan yang sedang berjaga di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan.


Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menyatakan akan menggelar aksi di depan Istana Kepresidenan untuk menuntut pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang dianggap merugikan kaum buruh.Sembari memantau keadaan, Ahmad memaparkan bahwa massa datang dari kawasan pabrik di Cikarang, Bekasi, Tangerang dan Bogor. 

Para buruh tersebut tampak duduk-duduk menunggu di trotoar atau berdiri bergerombol di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Barat. Sebagian besar di antaranya terlihat menggunakan seragam, seperti kemeja hitam dengan warna merah dengan topi.


"Ada tiga tuntutan. Pertama stop PHK, cabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015, dan kembalikan hak berunding serikat buruh dengan pemerintah," katanya.

(ANTARA/ama)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar