Lima Langkah Pulihkan Diri dari Patah Hati


JakartaCNN Indonesia -- Perpisahan dalam sebuah hubungan yang sudah terjalin bisa sangat menyakitkan. Ketika ketidakcocokan sudah tak lagi dapat ditoleransi, maka perpisahan tak terelakkan.

Meski perih, namun bukan berarti harus terus meratapi kepergian sang mantan. Ada beberapa cara bagi Anda, kaum perempuan, untuk memulihkan diri dari perihnya perpisahan, seperti yang dikutip dari YourTango.

1. Lepaskanlah

Memang rasanya akan sangat sulit menampik perasaan berharap kembali kepadanya, walaupun hubungan di masa lalu dapat dikatakan tidak seromantis kisah di negeri dongeng. Namun bagaimana mungkin Anda dapat menemukan yang baru bila tak melepas yang lama? 

Mengambil keputusan untuk melepasnya pergi dan berharap yang terbaik bagi Anda dan ia memang membutuhkan keberanian yang tinggi. Namun, bila Anda dapat melakukannya dengan baik, proses pemulihan dari perihnya patah hati akan semakin mudah.

2. Beri waktu untuk berduka

Ketika perpisahan itu terjadi, mungkin akan ada rasa bersalah ataupun perasaan penyesalan tak melakukan sesuatu guna mencegah perpisahan ini terjadi. Jangan biarkan Anda termakan perasaan seperti itu. 

Tidak menjadi masalah bila ingin menangis ataupun sedih atas perpisahan yang telah terjadi, itu hal yang manusiawi. Proses penyembuhan dari kesedihan memang membutuhkan waktu untuk dapat benar-benar menghapus air mata, dan lamanya proses tersebut tergantung pada diri sendiri.

3. Fokuslah untuk mencintai diri sendiri

Memang sudah banyak yang menceritakan bahwa mencintai diri sendiri itu penting, dan memang benar adanya. Mencintai pribadi yang lain adalah bentuk perluasan dari mencintai diri sendiri. 

Bagaimana mungkin akan mencintai orang lain dengan baik bila tak mencintai diri sendiri terlebih dahulu? 

Maka dari itu, penting untuk mengenal pribadi terlebih dahulu dan mencintainya, sebagai persiapan untuk membuka hati kepada hati yang baru di luar sana.

4. Menikmati masa sendiri

Begitu putus dengan cinta yang lama, seringkali timbul keinginan untuk segera mencari yang baru. Jangan terburu-buru. Percaya atau tidak, bahwa sebenarnya setiap individu dapat membuat dirinya nyaman tanpa mesti ada orang lain di sisi.

Buat serangkaian kegiatan yang dapat membuat diri Anda nyaman, me time. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan tanpa mesti bergantung dengan keberadaan pasangan seperti berbelanja, mendengarkan musik, makan makanan favorit, apapun. Beri waktu diri sendiri untuk bebas dan melihat indahnya dunia.

5. Mulai untuk bersyukur

Kadangkala, bersyukur adalah hal yang paling sering dilupakan padahal ini adalah kegiatan yang sederhana. Dengan bersyukur, maka hidup akan terasa lebih indah dan nyaman untuk dijalani.

Tak perlu repot untuk mulai membiasakan diri bersyukur dengan segala yang Anda miliki. Anda dapat memulainya dengan membuat jurnal bersyukur. Tulis segala sesuatu yang Anda syukuri setiap harinya.

Jangan tunda ketika Anda menemukan segala sesuatu yang membuat Anda bahagia, atau lebih baik. Suatu kali nanti, Anda akan lihat seberapa banyak kebaikan yang Anda temukan di sekeliling Anda, tanpa disadari.

(end/utw)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar