4 Tips Agar Tak Tertipu Barang Palsu Saat Belanja Online



Jakarta - Belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan beberapa wanita maupun pria lebih suka mencari barang melalui toko online karena mudah dan tidak perlu ekstra usaha untuk pergi ke toko terdekat. Namun terkadang belanja online ini tak selalu menyenangkan. Apalagi jika ternyata barang yang dibeli palsu.

Menurut pria yang ahli di bidang keamanan produk di Underwriter Labs (UL), John Drengenberg, ketika konsumen mendapatkan produk palsu bisa berbahaya. Tak hanya diri sendiri tapi juga orang terdekat konsumen tersebut.

"Jika produk yang Anda beli merupakan sesuatu yang dikonsumsi seperti pil atau obat-obatan lain dan ternyata itu palsu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain," tutur John seperti dilansir dari Safe Bee.

John menambahkan, tidak hanya sesuatu yang bisa dikonsumsi, barang elektronik palsu juga bisa membahayakan Anda karena tak menutup kemungkinan bahwa pengaturan listrik atau volt di dalam barang tersebut kurang sesuai dengan standar aslinya. Misalnya volt ternyata lebih tinggi atau ada kerusakan tertentu di dalam barang elektronik palsu yang bisa berisiko meledak atau memiliki setruman tinggi.

Oleh sebab itu, perhatikan barang-barang yang akan Anda beli di online shop agar terhindar dari produk palsu. Berikut tips yang perlu dilakukan sebelum belanja online:

1. Beli produk di toko online terpercaya
Beli produk di toko online terpercaya lebih aman daripada yang baru Anda temui saat menelusuri internet. John mengatakan bila Anda belanja di online shop yang tidak diketahui sebelumnya maka harus memeriksa situs tersebut dan membaca deskripsi produk sebelum membelinya.

"Periksa apakah ada salah eja atau kurangnya tanda baca untuk menghindari barang palsu," saran John.

2. Selidiki reputasi situs
Situs e-commerce setidaknya menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan dalam melayani konsumennya, misalnya dengan mencari informasinya lewat Google. 

Jika kebetulan Anda baru pertama kali membeli lewat situs, pesan barang yang murah terlebih dahulu untuk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya. Tidak lupa baca privasi dan keamanan berbelanja dari situs tersebut. Perhatikan seksama informasi ini agar Anda tidak dirugikan. Meski demikian, tak bisa dijamin kebijakan ini selalu diberlakukan dengan baik. Karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi.

3. Hati-hati ketika membeli barang elektronik
Menurut John, sebaiknya membeli barang elektronik di toko resminya. Bila membeli online, Anda tak bisa memastikan kalau barang elektronik tersebut palsu atau tidak maka perlu berhati-hati. John mengatakan barang elektronik palsu seringkali memiliki daya volt yang lebih tinggi dari standarnya. Barang-barang yang dimaksud seperti baterai smartphone, charger, kabel tambahan, hingga lampu Natal.

4. Tidak menggunakannya bila barang tersebut palsu
Jika Anda sudah terlanjur membeli barang palsu dari online shop terutama obat-obatan atau alat elektronik sebaiknya tidak digunakan agar tak membahayakan Anda. Coba kembalikan barang tersebut ke produsennya bila tidak bisa maka jangan dipakai. Setelah ditipu satu kali, jangan kembali membeli di online shop yang sama agar hal itu tidak terjadi lagi.



Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar