Uni Eropa Didesak Bantu Negara-Negara Tetangga Suriah



JakartaCNN Indonesia -- Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Perancis Francois Hollande sepakat bahwa Uni Eropa harus mencari cara untuk membantu negara-negara tetangga Suriah agar dapat menampung lebih banyak pengungsi.

Dalam pertemuan yang digelar di London pada Selasa (22/9) malam, sebelum KTT Eropa, Cameron dan Hollande juga menyatakan negara anggota Uni Eropa harus berupaya mengembalikan pengungsi yang tidak "benar-benar mencari suaka" ke negara asalnya.

"Soal migrasi, mereka sepakat pertemuan Dewan Eropa besok harus berfokus pada pendekatan yang lebih komprehensif, dan bantuan yang lebih khususnya untuk negara-negara tetangga Suriah agar dapat menampung lebih banyak pengungsi," kata juru bicara Cameron dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

Saat ini, Inggris menerima kritikan pedas dari Uni Eropa karena tidak menampung lebih banyak pengungsi. Bulan ini, Cameron menyatakan Inggris akan menampung hingga 20 ribu pengungsi Suriah dari sejumlah kamp pengungsian di Libanon atau negara tetangga Suriah selama lima tahun ke depan. 

Jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan jumlah pengungsi yang tiba di Jerman, yang tahun ini diperkirakan mencapai 800 ribu.
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar