Cerita Gadis Cilik 8 Tahun saat Bersalaman dengan Sri Sultan HB X


YOGYA - Di antara ratusan abdi dalem yang mengular menunggu giliran bersalaman dengan Gubernur DIY,Sri Sultan Hamengku Buwono X serta Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, terlihat sosok gadis cilik berpakaian tradisional.
Dia adalah Diva Angel Kalsita (8) yang juga ikut bersalaman dengan penguasa DIY di Bangsal Kepatihan Danurejan, dalam rangka Sawalan Abdi Dalem DIY, Kamis (14/7/2016).
Berbeda dengan Rizki Manik Kumolo, yang dikenal sebagai abdi dalem cilik Keraton Ngayogyakarta, status Diva bukanlah abdi dalem melainkan cucu dari satu di antara abdi dalem Keraton, yakni KRT Martosugiharjo.
Mengenakan baju tradisional berwarna merah, lengkap dengan sanggul dan riasan, ia didampingi sang kakek dan nenek menghampiri awak media yang menunggunya.
"Ini baru pertama kali salaman dengan Sultan. Rasanya deg-degan," jelas gadis kelahiran 9 Mei 2008 tersebut.
Meski demikian, ia mengaku senang bisa berada di tengah abdi dalem yang lain. Murid kelas 3 SD tersebut mempersipakan diri sejak pukul 04.30 pagi.
"Bangun pagi lalu ke salon," ungkapnya.
Sementara itu, sang kakek sengaja mengajak Diva yang sedang libur sekolah, untuk mengenalkan budaya yang sudah dilestarikan sejak nenek moyang mereka.
"Saya menjadi abdi dalem sejak tahun 1981 meneruskan kakek nenek moyang saya. Harapannya dengan membawa cucu ke sini, mengenalkan dan melestarikan tradisi ini," bebernya.

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar