Lirik Menggelitik Racikan Pengantar Minum Racun


JakartaCNN Indonesia -- “Ini lagu, lagu-laguan, judulnya pun judul-judulan. Maaf ya neng, ini kan bohong-bohongan.” Siapa bisa melupakan lagu Judul-judulan yang dipopulerkan Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR), pada 19080-an ini?

Kelucuan lirik lagunya stabil dari awal sampai akhir. Justru inilah kekuatan OM PMR yang membuatnya berbeda dibanding grup band parodi lain. Apalagi musiknya pun riang, sehingga siapa pun yang mendengarnya ingin berjoget.

Begitu pula Bintangku Bintangmu yang membahas mitos sifat orang sesuai 12 tanda perbintangan atau zodiak. "Bintang Virgo, sekolah tapi masih bego. Bintang Scorpio, suka nonton film porno. Bintang Libra, suka lirik mbak-mbak.”

OM PMR dibentuk pada 1977 oleh Jhonny Iskandar alias Jhonny Madu Matikutu (vokal), Boedi Padukone (gitar), Yuri Mahippal (mandolin dan cuk), Imma Maranaan (bass), Adjie Ceti Bahadur Sjah (perkusi), dan Harry Muka Kapphour (gendang). 

Lirik lagu menggelitik serta irama musik rancak menjadi kekhasan OM PMR yang selalu diingat oleh para penggemar. Tak terkecuali gaya “ajaib” mereka kala beraksi di atas panggung, terutama gaya joget Johnny dengan tangan mengepal.

OM PMR sempat vakum, pada 1994, setelah merilis belasan album musik. Mereka tak lagi bermusik lantaran kesibukan masing-masing personel. Dua dekade berpisah, OM PMR kembali bersatu pada 2014.

Mereka menandai kembalinya ke industri musik dengan membuat album musik mini bertajuk Orkeslah Kalau Bergitar yang berisi empat lagu. Selain lagu karya sendiri, Time is Money (Yang Penting Jadi Uang), juga ada tiga lagu hasi gubahan.

Ketiganya, yaitu Topan (Tato atau Panu) dari lagu Posesif milik Naif, Mengadili Persepsimilik Seringai dan Cinta Melulu milik Efek Rumah Kaca. Dengan penuh kreativitas, OM PMR “merusak” lagu milik musisi lain menjadi kocak. 

"Lagunya di A minor, nyanyinya di G Mayor. Yang nyanyi mulutnya kendor karena sering nyosor. MC-nya rada bocor, yang nonton pada slebor," demikian penggalan lirik lagu Cinta Melulu yang digubah atau lebih tepatnya dipelesetkan oleh OM PMR. 

Begitu memutuskan kembali berkiprah, agenda OM PMR seolah tak kenal kata rehat. Terlihat di akun Twitter-nya, mereka aktif berkonser dari satu tempat ke tempat lain. Pekan depan, OM PMR tampil di CNNIndonesia.com Music at Newsroom! (vga/vga)


Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar