Tragedi Paris, AS Kibarkan Bendera Setengah Tiang di Seluruh Bangunan Resminya




Washington DC - Pemerintah Amerika Serikat (AS) terus mengungkapkan rasa simpatinya terhadap tragedi di Paris pada Jumat (13/11). Salah satunya dengan mengibarkan bendera setengah tiang di bangunan-bangunan resminya di seluruh dunia.

Dilansir dari AFP, Senin (16/11/2015), staf Gedung Putih mengatakan ini merupakan amanat Presiden Barack Obama pada hari Minggu (15/11) lalu. Bendera setengah tiang juga akan dikibarkan di seluruh kedutaan besar AS dan kantor-kantor misinya di luar negeri.

Pada hari Minggu lalu, Gedung Capitol tempat para anggota kongres AS bertugas juga telah mengibarkan bendera setengah tiang. Menurut Ketua DPR AS Paul Ryan, hal ini untuk menunjukkan rasa hormat dan solidaritas kepada korban tewas dalam tragedi Paris.

Biasanya, bendera AS dikibarkan setengah tiang jika ada presiden, anggota parlemen, atau pasukannya yang wafat. Pada bulan Juli lalu misalnya, bendera diturunkan setengah tiang ketika seorang pria bersenjata membunuh lima tentara di sebuah barak militer di Chattanooga, Tennessee.

Aksi teror mencekam melanda kota mode Paris, Prancis, Jumat (13/11) tengah malam. Kejadian tersebut terjadi di tanggal yang dikenal dengan istilah horor Friday the 13th.

Delapan pelaku yang disebut dari ISIS beraksi di 6 lokasi berbeda di Paris saat itu. 129 orang tewas dalam serangan tersebut.



Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar