Rumah 'Home Alone,' Seperempat Abad Kemudian


JakartaCNN Indonesia -- Home Alone dengan ide cerita sederhana, anak laki-laki yang tertinggal di rumah seorang diri sementara keluarganya pergi berlibur, sudah berusia 25 tahun. Film itu dirilis 16 November 1990, melejitkan nama Macaulay Culkin sebagai pemeran Kevin.

Sementara para bintang Home Alone, termasuk Culkin sendiri, tidak terdengar lagi kabarnya, rumah yang menjadi latar pengambilan gambar film garapan Chris Columbus itu tetap berdiri tegak dan kokoh.

Mengutip Patch, rumah berdinding bata merah itu masih menjadi salah satu daya tarik Winnetka, sebuah perumahan di dekat tepi laut Chicago Utara. Tepatnya, rumah mewah itu terletak di 671 Lincoln Avenue.

Hingga saat ini, rumah itu masih sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Mereka boleh mengambil gambar di depannya. Kebanyakan berpose terkejut, dengan mulut terbuka dan kedua tangan di pipi, seperti Kevin McAllister dalam poster filmnya.


Macaulay Culkin, pemeran Kevin McAllister dalam Home Alone. (Getty Images/Christina Barany)
Menurut laporan situs Domain, rumah Home Alone itu terdiri atas empat kamar tidur dan dibangun sejak 1920. Setelah beberapa kali berpindah tangan, rumah itu terakhir terjual 2012, dengan harga US$1,6 juta atau Rp21 miliar. Butuh waktu lama menjualnya.

Menurut Chicago Tribune, selama setahun rumah itu tak laku. Awalnya, ia ditawarkan seharga US$2,4 juta atau Rp32 miliar. Setelah setahun akhirnya terjual pada harga Rp1,6 juta. Saat Home Alone diproduksi, rumah dimiliki Cynthia dan John Abendshien.

"Kami diberi tahu bahwa syuting akan dilangsungkan selama empat atau lima pekan. Kami diberi apartemen," ujar Cynthia.

Selama proses pengambilan gambar, rumah itu sama sekali tidak dirusak seperti yang penonton selama ini percayai. Kebanyakan adegan jebakan di dalam ruangan difilmkan di lokasi lain. John menuturkan, rumahnya tetap seperti sediakala saat mereka kembali dari apartemen, bahkan beraura positif.

Rumah itu aslinya tidak direncanakan sebagai lokasi syuting Home Alone. Manajer lokasi, Jacolyn Buckbaum mulanya mengincar rumah itu untuk film Uncle Buck yang dirilis 1989. Tak heran jika kedua film seperti punya hubungan yang sangat kuat.

Film itu bukan hanya dibintangi Culkin dan John Candy. Plot dan lokasinya pun sama.

Meski begitu, Home Alone tetap lebih sukses dan melegenda. Secara penghasilan, kala itu mereka mengantongi sebesar US$533 juta atau Rp7,3 triliun dari global. Sementara Uncle Buckmenghasilkan US$66 juta atau Rp907 miliar dari global.

Hingga kini, Home Alone masih terus diputar setiap tahun di televisi, lazimnya menjelang dan saat Natal tiba. Ia identik sebagai film Natal dan liburan keluarga.

(rsa)

Sumber
Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar