Bupati Kulonprogo Baru Dapat Undangan dari BPN soal Ukur Lahan Bandara


KULONPROGO - Pasca penundaan rencana sosialisasi pengukuran lahan calon lokasi bandara baru Kulonrprogo, hingga sepekan ini masih belum ada kepastian soal tahapan tersebut.
Meski sejumlah rapat terkait di kalangan tim persiapan bandarasemakin intens terdengar, namun Kepala Desa Glagah, Agus Parmono, sebagai salah satu pemangku wilayah desa yang bakal ketempatan juga menyatakan belum mendapat kepastian itu.
"Saya baru mendapat undangan dari BPN DIY untuk pertemuan pada Selasa (17/11/2015) ini," kata Agus, Senin (16/11/2015).
Sedikit petunjuk soal rencana sosialiasi atau bahkan rencana langsung pengukuran lahan bandara itu baru datang dari Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo.
Saat dikonfirmasi pada Senin, dia menyatakan mendapat pesan singkat dari Kepala BPN Kanwil DIY.
"Saya di-SMS Bu Ari (Kepala BPN Kanwil DIY) katanya dalam satu hingga dua hari ini akan turun lapangan," kata Hasto.
Meski demikian, Bupati menyatakan harapannya tim sosialisasi dan pengukuran lahan tersebut akan turun pada Rabu (18/11/2015). Usulnya, untuk saat ini semestinya dapat dilakukan langsung pengukuran, dimulai dari tanah milik pemerintah.
Dengan demikian, saat ini yang harus dilakukan bukan lagi sosialisasi karena pengukuran lahan pemerintah tidak memerlukan itu.
Terkait hal itu, Bupati pun berharap para kepala desa serta perangkatnya hingga pengurus RW dapat menyesuaikan dan menginformasikannya kepada masyarakat. Hal itu juga karena anggota satgas melibatkan para perangkat tersebut.
Para anggota satgas itu lah yang nantinya akan datang ke rumah-rumah warga untuk memetakan per bidang tanahnya.
Sebab itu, semestinya para kepala desa dan perangkat itu ambil peran untuk menginformasikan kepada warga agar tetap berada di rumah.
Meski kepastian kapan dimulainya sosialisasi atau pengukuran langsung belum ada, namun persiapan pengamanan oleh kepolisian telah disiapkan.
Kapolres Kulonprogo, AKBP Yuliyanto, menyatakan siap jika sudah waktunya pengukuran atau harus turun lapangan.
Namun, sejauh ini dia mengatakan kepastian itu memang belum ada. Hasil rapat dengan BPN DIY pada Senin ini, menurutnya, belum sampai pada keputusan final soal waktu pelaksanaan.
Pertemuan dan rapat-rapat lanjutan, menurutnya, masih akan dilakukan pada Selasa di BPN DIY. "Besok (selasa) masih rapat, terkait teknis pengamanan," kata Yulianto.
Kapolres menyatakan siap mengantisipasi kemungkinan yang terjadi saat pengukuran tersebut.
Namun, pada prinsipnya, pengamanan dilakukan kepolisian untuk para petugas dan warga, baik yang pro maupun kontra terhadap rencana pembangunan bandara di Kulonprogo.

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar