Ada Kisah Apa Dibalik Foto Petir Spektakuler Ini?



Ini merupakan foto badai petir yang terjadi di Thessaloniki, Yunani belum lama ini. Gambar ini dikirimkan oleh pengguna facebook bernama Constantine Emmanouilidi ke situs Earth Science Picture of The Day dengan dilengkapi cerita mitos yang sangat diyakini oleh warga setempat.
Dalam penjelasannya, si pengunggah mengatakan bahwa ini merupakan badai petir paling dahsyat yang pernah ia saksikan.
Petir-petir itu menyambar hingga ke tanah berkali-kali dengan kecepatan fenomenal.
Menurut kepercayaan masyarakat setempat, petir itu tidak akan menyambar dua kali di satu titik yang sama. Namun ia tidak menjelaskan lebih dalam mengenai mitor tersebut. Bahkan selanjutnya ia mengaku tidak mempercayainya.
Terbukti, menurut pengamatannya, petir itu bahkan menyambar di satu titik yang sama lebih dari enam kali dengan kilatan yang nyaris sama.
Foto badai petir dahsyat lainnya juga ditemukan di situs yang sama.
Foto karya David Rankin ini berhasil merekam badai petir yang terjadi di wilayah Selatan Utah, AS pada 5 Oktober 2015 lalu.

Kedahsyatan badai petir tersebut bisa disaksikan sesudah badai mereda. Semisal di kawasan rekreasi nasional Glen Canyon dimana ada satu kendaraan roda empat yang terhempas ke pinggir jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Fenomena alam serupa juga terekam di Orlando, Florida pada 1 Juni 2015 lalu.

Sang fotografer, Mike Killian menjelaskan bahwa badai petir terjadi tak lama setelah matahari terbenam. Badai terjadi begitu dahsyat dengan menghantam wilayah semenanjung Florida. Menurut dia, kawasan ini memang dikenal sebagai lokasi yang paling aktif terjadinya badai petir.
Nah, bagaimana dengan Indonesia?
Berdasarkan penelusuran ternyata wilayah di Indonesia yang paling sering terjadi badai petir adalah Bogor. Bahkan untuk wilayah Bogor ini sempat tercatat Guinness Book of Record sebagai wilayah dengan jumlah sambaran petir terbanyak di Asia Tenggara dan dunia. Di wilayah ini, sempat terjadi rekor sambaran petir terbanyak yang terjadi pada bulan November 2006 dan April 2007 yang masing-masing terjadi lebih dari 10 ribu sambaran petir dan lebih dari 13 ribu sambaran petir pada bulan April.
Badai petir dahsyat juga pernah terjadi di Flores pada 2 Desember 2013 silam. badai petir diawali dengan munculnya awan cumulonimbus seperti jamur raksasa pemicu badai petir yang menutupi hampir seluruh Flores. Penampakan awan ini pun berhasil diabadikan oleh NASA melalui satelit MODIS yang saat itu melintas di atas Flores.

Apa yang dilakukan saat terjadi badai petir?

Nah, jika anda terjebak pada situasi seperti ini, maka Jongkoklah dengan bertumpu pada kedua kaki yang saling berdekatan. Kemudian tundukan kepala dengan tangan menyentuh bagian lutut. Lakukan posisi ini serendah mungkin. Hindari juga berada di dekat pohon yang tinggi, benteng besi, tower besi, maupun tempat lainnya yang bisa memicu sambaran petir. Anda juga harus segera keluar dari air jika kebetulan saat itu anda tengah berada di danau maupun laut. Jika terpaksa, maka lakukanlah posisi jongkok di tempat berada anda saat itu. 

Share on Google Plus

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar